Punya Hutang ? Ini Dia Tips Agar Bisa Melunasi Hutang

Punya Hutang ? Ini Dia Tips Agar Bisa Melunasi Hutang. Saya senang sekali kalau ada pertanyaan di blog saya tentang bagaimana cara melunasi hutang yang menumpuk. Saya senang karena berarti yang bertanya sudah sadar bahwa hutang itu wajib dilunasi. Menurut sebagian dari mereka, sepertinya penghasilan habis untuk gali lubang tutup lubang. Jangankan untuk membayar hutang, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari saja sulit. Jadi kapan bisa lolos dari jeratan hutang?

Membayar dan melunasi hutang memang gampang-gampang susah. Tapi bukan tidak mungkin untuk dilakukan.

Ada beberapa tips yang berguna untuk kita yang mau mulai melunasi hutang.

Pertama, MOTIVASI.

Kita harus punya motivasi yang kuat untuk bisa melunasi hutang dan bebas dari jeratan hutang selamanya. Karena perjalanannya akan panjang dan tidak mudah. Jadi punya motivasi yang kuat akan membuat kita selalu ingat dan tetap semangat ketika di tengah jalan nanti kita mengalami kendala. Walau pelan tapi pasti arah tujuannya.

Kedua, DUKUNGAN.

Galang dukungan dari orang terdekat. Kalau sudah berkeluarga, harus kompak dengan suami dan memiliki satu tujuan yang sama, yaitu untuk melunasi hutang.

Hal ini penting karena terkadang sebagai manusia kita sudah pasti ada kelemahannya. Adanya dukungan dari orang-orang terdekat bisa membuat kita tetap bersemangat untuk melunasi hutang.

Ketiga, BUAT DAFTAR SEMUA HUTANG.

Kalau sudah bulat tekad untuk melunasi hutang, mulailah membuat semua daftar hutang yang kita punya. Dilengkapi dengan rincian jumlah dan berapa suku bunga setiap bulan/tahunnya. Jangan keburu lemas ya ketika buat daftar, dan ternyata banyak sekali. Sabar, pelan-pelan pasti bisa kita lunasi.

Keempat, SKALA PRIORITAS.

Kalau jumlah hutangnya lumayan banyak, kita harus membuat skala prioritas, hutang mana yang harus dibayar terlebih dahulu. Karena kalau semua hutang mau dilunasi sekaligus dalam waktu bersamaan, yang ada nanti kita keblinger sendiri. Dan menyerah di tengah jalan. Ujung-ujungnya kembali lagi ke gali lubang tutup lubang. Ora uwis-uwis hutangnya, kalau kata anak sekarang.

Untuk skala prioritas ini, ada 2 pilihan yang bisa dilakukan.

Pertama, dengan metode SNOWBALL.

Dari daftar hutang yang sudah dibuat tadi, prioritaskan untuk melunasi hutang dengan jumlah paling kecil terlebih dahulu. Usahakan untuk mengurangi pengeluaran, mencari pendapatan sampingan, dan hasilnya dialokasikan untuk membayar hutang dengan jumlah yang paling kecil ini. Sedangkan untuk hutang-hutang yang lain (yang lebih besar) tetap dibayar dengan minimal pembayaran.

Metode ini bagus untuk kita yang suka lemas di tengah jalan. Kalau kita mulai dengan jumlah yang lebih kecil terlebih dahulu, lebih gampang untuk melunasi hutangnya, dan kita jadi lebih bersemangat untuk melunasi hutang berikutnya (hutang dengan jumlah terkecil berikutnya).
Makanya metode ini dinamakan metode snowball atau bola salju. Bola salju kalau menggelinding awalnya kecil dan lama-kelamaan akan makin membesar. Sama seperti hutang yang satu persatu kita lunasi.

Alternatif kedua, dikenal dengan metode AVALANCE.

Dengan metode ini, maka yang kita prioritaskan adalah membayar hutang dengan bunga paling besar terlebih dahulu. Sama seperti metode snowball, usahakan kurangi pengeluaran, cari penghasilan tambahan, dan gunakan semua untuk melunasi hutang dengan suku bunga yang paling besar. Hutang yang lain jangan dilupakan ya, tetap dibayar dengan minimal pembayaran.

Dengan metode ini, kita bisa lebih cepat membayar hutang secara keseluruhan, karena hutang dengan suku bunga yang tinggi sudah dibayarkan terlebih dahulu.

Metode manapun yang dipilih tidak masalah. Semua tergantung dari kondisi dan pilihan masing-masing.

Yang paling penting adalah DISIPLIN untuk terus berusaha melunasi hutang dan KONSISTEN dalam prosesnya.

Punya Hutang ? Ini Dia Tips Agar Bisa Melunasi Hutang
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Open chat
Butuh Informasi ?