Manfaat BHA Untuk Kulit Wajah Yang Berjerawat

Manfaat BHA Untuk Kulit Wajah Yang Berjerawat. Dunia perawatan kulit wajah masa kini memiliki banyak sekali kandungan khusus dengan produk yang tak kalah banyaknya pula. Di antara produk skincare wajah saat ini ada jenis chemical eksfoliator yang ramah bagi penggunanya yakni BHA (Beta Hydroxy Acid). Saking diminatinya, hampir setiap brand skincare mengeluarkan produk dengan label BHA pada salah satu produk mereka.

Seakan bersaudara dengan AHA (Alpha Hydroxy Acid), dalam pemakaiannya dua kandungan ini benar-benar harus diperhatikan. Faktanya, AHA cocok pada jenis kulit yang cenderung normal dan kering sementara BHA cocok untuk jenis kulit yang berminyak dan memiliki masalah jerawat. Jadi, sebelum memilih skincare BHA, lebih baik kamu kenali jenis kulit kamu terlebih dahulu dan lihat dengan saksama kandungan pada produk yang akan kamu beli. Nah, berikut penjelasan tentang manfaat BHA untuk wajah berjerawat dan beberapa contoh produknya?

Larut pada Minyak dan Menyerap Sebum

BHA memiliki sifat yang larut dalam minyak. Dengan sifat tersebut, BHA dapat menembus lapisan minyak di permukaan kulit yang menutupi pori-pori. Dengan adanya BHA, kulit yang cenderung berminyak dan memiliki masalah jerawat akan lebih tertolong.

Selain itu, BHA juga dapat menyerap sebum. Pada dasarnya sebum bukanlah sesuatu yang merugikan. Jenis kulit apapun akan tetap membutuhkan sebum sebagai minyak alami kulit yang berfungsi mengatur kelembapan. Namun, yang menjadi masalah adalah ketika sebum tersebut muncul secara berlebihan hingga malah menyumbat pori, teroksidasi, dan menumpuk kotoran hingga muncullah jerawat atau komedo. Dengan adanya sebab tersebut, BHA secara alami dapat menyerap sebum yang diproduksi berlebih oleh kulit.

Anti-Inflamasi dan Anti-Bacterial

Manfaat BHA untuk wajah berjerawat selajutnya adalah anti-inflamasi sekaligus anti-bakteri. Dengan adanya efek anti-inflamasi, kulit yang berjerawat menjadi lebih calming. Peradangan yang biasa muncul akan berkurang dan membaik dengan penggunaan skincare BHA pada waktu yang tepat dan takaran yang pas.

Selain itu, manfaat BHA lainnya yakni anti-bakteri. Maksudnya anti-bacteri di sini ialah BHA dapat membatasi pertumbuhan bakteri jahat di kulit wajah kita. Sehingga jerawat yang bertambah parah karena bakteri akan berkurang dengan adanya kandungan BHA pada produk yang kamu pakai.

Memicu Kulit Kering

Dengan manfaat BHA yang begitu menguntungkan untuk kulit berjerawat, penggunaannya sebagai skincare routine memerlukan pendukung tambahan. Produk skincare yang mengandung BHA menyebabkan kulit lebih kering daripada biasanya. Baiknya, setelah menggunakan eksfoliator satu ini, kamu menggunakan pelembap agar kulit tetap terhidrasi. Penggunaan BHA disarankan sekali dalam seminggu bagi pemula. Jika penggunaan pertama dirasa aman dan tak menimbulkan efek samping, kamu bisa melanjutkannya dengan dua atau tiga kali dalam seminggu.

Skincare BHA

Apakah Beta Hydroxy Acid cocok untuk kulit kamu? Ingin mencoba produk skincare BHA tapi belum ada produk yang dirasa oke? Sebenarnya produk dengan kandungan BHA sudah bertebaran di pasaran baik brand lokal maupun internasional. Jenis produk yang paling mudah dan terasa efeknya adalah toner BHA. Contoh produk BHA dari brand internasional di antaranya Benton Aloe BHA Skin Toner, COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner, COSRX Natural BHA Returning A-sol, COSRX Blackhead Power Liquid, AHA BHA PHA 30 Days Miracle, The Ordinary, dll. Sementara skincare lokal yang mengandung BHA ada Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution.

Pemilihan skincare BHA pun tidak boleh asal comot. Kenali produk yang akan kamu pilih terutama tentang berapa persen BHA yang ada di dalam produk tersebut. Untuk pemakaia awal, usahakan cari BHA dengan persentase rendah. Jika telah terbiasa dan cocok, bisa gunakan produk dengan persentase yang lebih tinggi.

 

Nah, itu tadi informasi seputar manfaat BHA untuk wajah berjerawat. Bagi kamu yang sering merasa minder dan putus ada dengan masalah kulit berjerawat, tidak ada salahnya untuk mencoba Beta Hydroxy Acid ini. Karena kamu begitu berharga untuk sekadar berpasrah diri. Cantik yang sesungguhnya adalah merawat apa yang telah diberikan Tuhan padamu sebagai makhluknya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Manfaat BHA Untuk Kulit Wajah Yang Berjerawat
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Open chat
Butuh Informasi ?