Inilah Manfaat Konsumsi Kurma di Masa Pandemi

Manfaat Konsumsi Kurma di Masa Pandemi – Kurma termasuk buah yang banyak mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Berdasarkan hasil penelitian yang saya baca, terdapat setidaknya 15 mineral, termasuk selenium, yang dipercaya oleh banyak peneliti sebagai penguat kekebalan tubuh. Apalagi di masa pandemi ini, kekebalan tubuh menjadi kunci utama agar tidak mudah tertular virus penyakit.

Konsumsi kurma selalu identik hanya di saat bulan Ramadan saja, padahal rutin dikonsumsi setiap hari sangat baik bagi tubuh. Hampir semua orang sudah familiar dengan buah kurma yang memiliki rasa manis serta tekstur daging buahnya yang empuk. Namun belum banyak yang mengetahui manfaat konsumsi kurma secara rutin bagi kesehatan tubuh, terutama di masa pandemi.

Saya, salah satu yang kini sudah rutin mengkonsumsi buah kurma. Selain dikonsumsi langsung buahnya, dapat juga dijadikan menu makanan atau minuman seperti susu kurma, puding kurma, atau campuran pada yogurt dan milkshake. Cara tersebut selain menambah kelezatan baru dalam menikmati buah kurma, tentu juga menambah manfaat konsumsi kurma.

Nutrisi Kurma

Menurut penelitian yang saya baca, nutrisi yang terkandung dalam buah kurma sudah lengkap. Buah kurma mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Selain kandungan karbohidrat, protein dan lemak baik, kurma juga mengandung zat besi, vitamin A, C, K dan vitamin B, kalium, kalsium, asam folat, nikotinat, tiamin, niasin, potasium, magnesium, serta serat dalam jumlah yang memadai. Kurma juga mengandung karbohidrat yang tinggi namun rendah lemak. Sedangkan kurma kering, mengandung asam salisilat yang sering digunakan sebagai bahan baku obat.

Ketentuan Mengkonsumsi Kurma

Kurma, manfaatnya bagi kesehatan tentu sudah tidak diragukan lagi. Namun berapa banyak kurma yang dapat dikonsumi dalam sehari? Apakah dengan banyak dikonsumsi juga akan menambah manfaat yang berlipat?

Menurut salah satu ahli, dr. Zaidul, kurma sebaiknya dikonsumsi saat pagi hari. Cukup dengan 3 butir kurma. Secara umum, anjuran konsumsi kurma 7 butir per hari sudah cukup untuk menghindarkan tubuh dari segala penyakit. Mengingat baiknya kandungan kurma, maka makan setiap hari tidak masalah, asal tidak berlebihan. Konsumsi secukupnya akan memungkinkan tubuh mendapatkan manfaat yang maksimal daripada makan kurang atau berlebihan.

Berdasarkan sunah Nabi, mengonsumsi kurma dalam jumlah ganjil, misalnya 1, 3, 5, atau 7 butir. Hal ini juga diterangkan dalam hadist HR Bukhori Muslim, mengenai salah satu keutamaan makan kurma. “Barang siapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwah di pagi hari, maka di hari itu dia tidak akan terkena racun maupun sihir.

Sedangkan menurut literatur yang saya baca, bahwa secara penelitian medis pun menunjukan jika kurma yang dikonsumsi dalam jumlah ganjil akan memberikan lebih banyak energi. Sebaliknya, jika dikonsumsi dalam jumlah genap justru akan menghasilkan gula dlam darah dan potassium tanpa memberi banyak energi.

Manfaat Konsumsi Kurma

Berdasarkan penelitian, kurma ternyata memiliki sifat anti-bakteri yang lebih efektif dibandingkan madu. Tidak hanya dapat dikonsumsi buahnya saja, bagian dari kurma juga dapat dimanfaatkan. Seperti biji kurma yang bisa digiling untuk dijadikan pakan ternak atau sebagai tambahan untuk biji kopi. Minyaknya juga sering digunakan untuk campuran bahan kosmetik dan sabun.

Faktanya, manfaat konsumsi kurma dapat dirasakan hanya dengan makan 3 butir kurma dalam sehari, rutin setiap hari. Berikut manfaat kesehatan yang dapat diperoleh, apalagi di masa pandemi ini:

Mempertahanakan Energi

Serat makanan dalam kurma akan membantu tubuh berenergi lebih lama dan menghindari gula yang tidak baik. Kurma kaya akan gula alami, oleh karenanya kurma banyak dipilih sebagai camilan sehat yang sempurna untuk menambah energi.

Melancarkan Pencernaan

Kurma merupakan jenis makanan yang kaya serat larut. Terbukti ampuh melancarkan pencernaan sekaligus mengatasi diare. Kurma akan meningkatkan bakteri baik dalam saluran pencernaan. Tentu saja, jika pencernaan baik, maka daya tahan tubuh pun akan meningkat, sehingga tidak mudah terserang virus di masa pandemi ini.

Memerangi Radikal Bebas

Seperti disebutkan di atas, jika kurma memiliki antioksidan yang tinggi. Dengan begitu, akan berperan baik dalam melindungi sel baik, menjaga kesehatan tentunya dan menghindari stres. Penting sekali dijaga di masa pandemi.

Menanggulangi Alergi

Nah, salah satu kansungan kurma yang paling menarik adalah adanya belerang organik. Sehingga memiliki manfaat kesehatan, salah satunya adalah mengurangi reaksi alergi dan alergi musiman.

Tentu saja ini yang saya cari, dan saya sudah membuktikannya. Alergi saya sudah jarang kambuh semenjak rutin konsumsi kurma setiap hari.

Menurut sebuah penelitian yang pernah saya baca, senyawa sulfur organik ini dapat memberikan dampak positif pada sejumlah penderita yang mengalami rinitis alergi musiman. Alergi yang jarang kambuh tentu akan meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tidak mudah terserang virus di masa pandemi ini.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai konsumsi kurma untuk menjaga kesehatan apalagi di masa pandemi.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Inilah Manfaat Konsumsi Kurma di Masa Pandemi
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Open chat
Butuh Informasi ?