Cara Atasi Insomnia Dengan Teknik Pernafasan 4-7-8

cara atasi insomnia

Cara Atasi Insomnia Dengan Teknik Pernafasan 4-7-8 – Saat kita mengalami stress tentu bikin tubuh juga enggan istirahat. Maka timbullah insomnia. Bagaimana cara agar kita bisa istirahat berkualitas?

“Belakangan ini status media sosialmu kok kayaknya lagi galau banget? Ada masalah apa sih? Stress kenapa?” tanya salah seorang teman ketika melihat statusku di laman sosial media.

Stress? Bisa jadi itu kata yang tepat untuk menggambarkan kondisi psikologisku atau orang lain kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Lebih pas jika kita sebut dengan kondisi psikosomatik, yaitu suatu gangguan pikiran yang menimbulkan keluhan fisik tanpa memiliki penyakit.

Ya, tanpa penyakit! Pasalnya pada kondisi lingkungan seperti saat ini amygdala kita, yaitu pusat rasa cemas yang ada di otak, menjadi terlalu aktif bekerja. Tentu hal itu menyebabkan sistem saraf menjaditak seimbang. Akibatnya apa? Sulit tidur.

Gangguan sulit tidur atau biasa disebut insomnia kini marak terjadi. Coba deh cek diri kita masing-masing, selama masa pandemi ini berapa kali kita mengalami kesulitan tidur?

Tahukan kamu bahwa kurang tidur merupakan penyebab dari berbagi menurunya fungsi tubuh. Biasanya mulai dari menurunnya tingkat konsentrasi sehingga daya tahan tubuh akan melemah. Orang yang mengidap insomnia biasanya memiliki waktu tidur yang kurang berkualitas. Hal itu akan mempengauhi aktivitas sepanjang hari.

Sebagai perempuan atau ibu rumah tangga biasanya disibukkan dengan urusan rumah tangga, jualan online dan mengurus anak serta suami.  Nah pada masa pademi ini ditambah dengan kegiatan sekolah anak secara online yang ternyata menyita cukup banyak waktu. OMG…. Entah kenapa hal itu menambah pikiran dan menyebabkan tingkat sulit tidur makin menjadi-jadi.

Walau penyebab sulit tidur juga dari berbagai factor lain, misalnya:  masalah kenyamanan ruangan kamar, rumah, hingga adanya gangguan psikologis masalh kesehatan fisik. Tapi, kita juga tak bisa selalu mengandalkan obat tidur saat insomnia menyerang, bukan?

Seperti yangkita tahu bahwa sebenarnya waktu yang dibutuhkan oleh masing-masing orang tentu berbeda. Tergantung pada usia, gaya hidup serta faktor lingkungan. Penting banget nih bagi kita untuk mengetahui apa penyebab dari insomnia.

Cara Mudah Dan Sederhana Mengatasi Insomnia

  1. Membaca buku atau mendengar musik

Coba kita ingat-ingat kapan terakhir kali melakukan kegiatan membaca buku? Setelah seharian bejibaku dengan kegiatan rumah tangga dan urusan sekolah online, coba lakukan me time dengan cara membaca buku atau mendengarkan music. Hindari gadget untuk jangka waktu 1-2 jam.

  1. Konsumsi makanan sehat dan buah

Pilihan buah-buahan yang bisa menenangkan pikiran yaitu kiwi karena mengandung melatonin sehingga membantu kita tertidur. Bisa juga mengkonsumsi jus rendah gula.

  1. Lakukan teknik relaksasi

Pastiya tubuh kita punya alarm untuk beristirahat, bukan? Ketahui batas kemampuan tubuh kita masing-masing. Lakukan kegiatan yang santai berupa rekalsasi (meditasi, yoga, dan lainnya) sebelum waktu tidur di malam hari. Karena tubuh yang rileks merupakan kunci utama untuk tidur nyenyak.

  1. Gaya hidup sehat

Pentig banget nih dilakukan. Mau nggak mau apalagi kondisi lingkungan saat ini semakin kurang bersahabat. Salah penerapan gaya hidup bisa jadi factor pemicu insomnia. SO, lakukan gaya hidup sehat untuk meminimalisir insomnia.

Diantara empat point diatas Kak Niken mau menggaris bawahi mengenai teknik relaksasi. Ternyata ada cara mudah danbisa dilakukan oleh siapapun, dengan melakukan teknik pernafasan 4-7-8. Seperti apa itu?

Latihan Teknik Pernafasan 4-7-8

Jika kita tak bisa melakukan relaksasi melalui meditasi, bisa juga melalui latihan pernafasan. Latihan ini didasarkan pada teknik yoga kuno yang disebut pranayama, untuk membantu kita mendapatkan kendali atas pernafasan.

Latihan teknik 4-7-8 ini bisa membantu atasi insomnia.

  1. Pertama-tama, Tarik nafas melalui hidung dalam hitungan 1 sampai 4
  2. Tahan nafas selama tujuh hitungan
  3. Kemudian hembuskan melalui mulut pada hitungan kedelapan
  4. Ulangi tiga langkah diatas sebanyak tiga kali

Tambahan yang dilakukan Kak Niken belakangan ini dengan menambahkan aroma dari essential oil dari minyak SW Sumber Waras untuk penyegar saat di dalam ruangan. Minyak SW ini memiliki 3 fungsi, yaitu: dibalur, diminum dan diuap.

Cara atasi insomnia juga ampuh dengan minyak SW Sumber Waras ini. Dibalur ke area dada, perut dan punggung 3-5 kali sehari. Penggunaan dari dalam tubuh caranya diminum dengan 250ml air ditambah 1 sdt minyak SW, dapat diminum saat malam hari.

Nah sebagai pelengkap saat latihan pernafasan 4-7-8, lakukan penguapan dengan humidifier. Caranya dengan mencampurkan 1 tets minyak sw de dalam 10 ml diffuser. Kegiatan ini dapat membantu tubuh anda rileks dan mengantuk.

Itulah beberapa cara atasi insomnia tanpa obat. Yuk coba dilakukan!

Cara Atasi Insomnia Dengan Teknik Pernafasan 4-7-8
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Open chat
Butuh Informasi ?