Begini Tips Membuka Bisnis Kelas Online yang Laris

Begini Tips Membuka Bisnis Kelas Online yang Laris – Pandemi memunculkan kebiasaan baru yang menggeser kebiasaan lama. Belajar dan bekerja dapat dilakukan di rumah saja. Pertemuan tak lagi dilakukan secara tatap muka. Semua orang seolah mendadak akrab dengan Zoom, sebuah aplikasi konferensi video yang ketiban pulung lantaran wabah Corona. Pendapatan Zoom melesat hingga lebih dari dua kali lipat pada kuartal pertama tahun 2020 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Dalam satu hari, Zoom mencetak rekor unduhan hingga lebih dari dua juta.

Pergeseran sosial di masyarakat ini memunculkan peluang. Berbagai penyedia kelas online/daring bermunculan bak cendawan di musim hujan. Sebut saja Skill Academy oleh Ruang Guru. Meski sudah diluncurkan pada bulan September 2019, Skill Academy menemukan momentum emasnya ketika pandemi. Tanggal 23 Maret 2020, Skill Academy dengan jeli memberikan promo untuk mengikuti kelas gratis selama dua pekan.

Pembelajaran daring bisa dilakukan melalui berbagai platform. Bisa melalui situs penyedia berbagai kelas daring seperti Skill Academy yang menyediakan video pembelajaran atau Zoom untuk pembelajaran yang bersifat satu kali pertemuan. Bisa juga melalui grup Whatsapp atau telegram dengan pembelajaran melalui video, pesan suara, hingga bahan tayang.

Jika selama pandemi kita disuguhkan dengan berbagai iklan pembelajaran daring, mengapa tidak ambil bagian menjadi penyelenggaranya? Dalam skala sederhana dengan menggunakan media Whatsapp atau Telegram. Begini gambarannya.

Pada bulan Mei 2019 saya mengikuti sebuah kelas pemberdayaan diri melalui grup Whatsapp. Kelas saya berisi hampir dua ratus orang, ada 16 kelas untuk satu angkatan, per orang membayar 250 ribu rupiah. Mari berhitung. Dengan asumsi satu kelas 150 orang, 16 kelas, 250 ribu per peserta maka penyedia jasa mendapatkan penghasilan sebesar 600 juta rupiah. Angka yang sangat fantastis, bukan?

Biaya modal kelas daring (apalagi yang dilakukan hanya dengan grup Whatsapp atau Telegram) bisa dibilang sangat minim dibandingkan dengan kelas konvensional (luring). Sebut saja tak perlu menyewa tempat, tak perlu menyediakan konsumsi, dan tak perlu membayar biaya kebersihan atau keamanan. Cukup menyediakan honor untuk pengajar dan tenaga pendukung. Kalaupun ada modal untuk membuat materi pembelajaran seperti video atau slides bahan tayang, materi pembelajaran dapat digunakan berkali-kali.

Tips membuka kelas online yang laris :

Pertama, cari pembicara yang dikenal luas karena keahliannya

Keahlian ini bisa sangat luas seperti pengajar, blogger, desainer, dan sebagainya. Makin spesifik makin menarik. Misalnya pengajar anak usia dini, blogger yang sering menang lomba, atau desainer infografis. Bidik orang-orang yang memiliki keahlian khusus yang mungkin menarik perhatian orang banyak.

Kedua, cari pembicara yang sudah memiliki basis massa atau followers

Ya, apabila pembicara memiliki pengikut dalam jumlah banyak di media sosial tentu akan jauh lebih mudah untuk memasarkan kelasnya, bukan?

Ketiga, buka kelas spesifik

Beritahu tujuan apa yang hendak dicapai oleh peserta, jangan lupa memberikan sertifikat. Beberapa waktu lalu saya mengikuti kelas menulis yang diadakan oleh seorang penulis cukup terkenal dan hal yang ia jual adalah bagaimana menembus media massa online. Anda bisa membuka kelas yang berorientasi hasil nyata yang bisa dicapai peserta sehingga membuat banyak orang yang tertarik mendaftar. Tentu, hasil tidak dijanjikan tetapi cara mencapainya bisa diajarkan.

Keempat, iklankan secara tertarget

Anda bisa mempromosikan kelas yang Anda buat melalui Facebook atau Instagram ads. Bisa juga melalui promosi yang dilakukan oleh selebgram, tentu yang memiliki profil pengikut sesuai dengan target pasar kelas Anda.

Kelima, minta calon peserta membagikan informasi kelas 

Minta calon peserta membagikan informasi kelas Anda di grup Whatsapp/media sosial mereka sebagai syarat mendaftar, Anda bisa memberikan kuota kelas gratis untuk beberapa orang yang terpilih. Ini merupakan promosi gratis yang bisa Anda lakukan.

Membuka kelas online merupakan peluang bisnis minim modal yang dapat Anda lakukan. Nah, bagaimana? Apakah Anda tertarik membuka bisnis kelas daring?

Begini Tips Membuka Bisnis Kelas Online yang Laris
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Open chat
Butuh Informasi ?