Begini 4 Cara Agar Tidak Bosan di Rumah Selama Pandemi COVID-19

cara agar tidak bosan di rumah selama pandemi

Begini 4 Cara Agar Tidak Bosan di Rumah Selama Pandemi COVID-19. Sudah hampir tujuh bulan COVID-19 hadir di Indonesia. Sudah berbulan-bulan juga warga disarankan untuk di rumah aja, rajin cuci tangan,  menghindari kerumunan, dan memakai masker saat keluar rumah.

Tujuh bulan tentu bukanlah waktu yang singkat untuk dihabiskan dengan di rumah saja. Bosan? Tentu saja. Semua orang pasti bosan berbulan-bulan dalam kondisi tidak menentu dan tidak aman ini. Dan bosan itu wajar sekali, toh hidup kita memang sedang tidak normal.

Perkara bosan di rumah ini memang bukanlah hal sepele. Efeknya bisa beragam sekali. Ada yang saking bosannya di rumah, jadi memilih keluar rumah saja, toh di luar sana juga masih banyak yang berkeliaran bahkan tanpa mematuhi protokol kesehatan. Ada yang bosan di rumah lalu malah jadi stres berat dengan situasi dan kondisi yang dihadapinya. Tidak heran bagaimana cara untuk menghilangkan rasa bosan di rumah itu menjadi sesuatu yang penting di tengah pandemi ini.

Di tengah kondisi pandemi yang masih belum terlihat puncaknya di Indonesia, sebosan apapun kamu, saran saya tetaplah lebih banyak bertahan di rumah. Hindari keluar rumah untuk hal-hal yang tidak esensial. Butuh udara segar di luar rumah? Boleh-boleh saja, tapiiiii laksanakan protokol kesehatan dengan ketat. Pilih tempat yang sepi, jaga jarak dengan orang lain, dan jangan pernah lepaskan masker.

Sebenarnya masih banyak pilihan lho agar tidak bosan di rumah. Tanpa harus keluar rumah. Garis besarnya ada empat cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa bosan itu, tapi masih bisa di-breakdown lagi jadi buanyak hal.

Cari Hiburan yang Menyenangkan

Kalau bosan, biasanya kita butuh hiburan. Coba pilih hiburan apa saja yang bisa membuat kamu bahagia. Nonton mungkin? Main game?

Kita mesti bersyukur sekali karena saat ini sudah ada internet. Dengan internet, kita bisa mendapatkan hiburan itu dengan mudah. Bayangkan jika kita hidup di tahun 1918 saat pandemi Spanish flu terjadi, mau ngapain coba biar ga bosan di rumah? Hehe.

Jalankan Hobi

Di masa pandemi dan dengan lebih banyak beraktivitas, sebenarnya juga memberi kesempatan besar buat kita untuk menjalankan hobi. Mungkin selama ini kita hanya bisa menjalankan hobi di akhir pekan, karena sehari-hari bekerja. Nah, sekarang kita bisa curi-curi waktu untuk menjalankan hobi. Waktu yang dulu dipakai untuk commute ke kantor, sekarang bisa dialihkan untuk kegiatan lain, bukan?

Suka membaca? Waktunya memperbanyak baca buku, atau menyelesaikan membaca buku yang selama ini cuma tergeletak di rak buku. Suka memasak? Saatnya mencoba berbagai resep baru. Suka tidur? Boleh juga sih diperbanyak tidurnya, asal tidak jadi malas saja, haha.

Coba Kegiatan atau Aktivitas Baru

Sudah cari hiburan dan menjalankan hobi, tapi masih bosan di rumah? Wah, bisa coba cari kegiatan atau hobi baru lho!

Selama pandemi ini banyak sekali orang-orang yang mencoba melakukan hal baru, dan tidak jarang pula hal itu sampai bisa mendatangkan uang! Yang sebelumnya tidak suka masak, ada yang belajar masak. Lumayan kan bisa mengurangi pengeluaran dan bisa masak yang lebih sehat.

Ada yang mencoba berkebun. Pilih tanaman hias ataupun sayur dan bahan dapur sah-sah saja, sama-sama ada manfaatnya. Atau mungkin mau mencoba menulis, nge-blog, bikin konten di Instagram atau Youtube? Banyak sekali lho pilihan aktivitas lainnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan di rumah. Kamu bisa share di kolom komentar apa saja hal baru yang kamu lakukan di rumah. 😉

Lakukan Olahraga Ringan

Lebih banyak di rumah, biasanya kita juga jadi lebih sedikit bergerak. Kalau kebiasaan mager, lama-lama tubuh bisa jadi tidak fit. Padahal di situasi pandemi ini, kita butuh tubuh yang sehat dan kuat supaya imunitasnya bagus.

Oleh karena itu, selama di rumah saja, sebaiknya lakukan olahraga. Pilih olahraga yang ringan saja, apalagi kalau selama ini hampir tidak pernah berolahraga. Di Youtube banyak sekali video yang bisa diikuti untuk olahraga di rumah.

Hubungannya dengan bosan apaan? Olahraga akan meningkatkan hormon endorfin, dopamin, dan serotonin dalam tubuh yang bisa memicu rasa bahagia. Jadi olahraga itu bisa membuat kita bahagia. Kalau senang, tentunya rasa bosan akan berkurang bukan?

***

Nah, sudah terbayang kan sekarang cara agar tidak bosan di rumah selama pandemi ini? Tetap bahagia dan bersyukur ya, apapun kondisinya saat ini. Semoga sehat selalu, jalankan selalu protokol kesehatan dengan baik. Semoga pandemi COVID-19 ini segera berlalu.

Begini 4 Cara Agar Tidak Bosan di Rumah Selama Pandemi COVID-19
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Open chat
Butuh Informasi ?