7 Cara Atasi Morning Sickness Kehamilan Trimester Pertama

7 Cara Atasi Morning Sickness pada Kehamilan Trimester Pertama – Kehamilan adalah proses perkembangbiakan manusia yang sangat dinantikan. Terutama oleh pasangan muda yang baru mengarungi mahligai pernikahan. Hamil juga merupakan masa-masa istimewa bagi seorang wanita. Ada banyak hal yang terjadi dan dirasakan, mulai sejak terlambat datang bulan, kegembiraan melihat ‘dua garis’, tendangan-tendangan kecil dalam perut, hingga proses persalinan. Demikian juga bagi keluarga, kehamilan adalah saat yang penuh penantian serta mendebarkan.

Namun bagi seorang wanita hamil, ada satu hal yang dirasa sangat mengesankan yaitu ketika mual dan muntah. Ya, mual dan muntah atau lebih dikenal dengan istilah morning sickness.

Bagaimana tidak, hampir setiap pagi (meski ada pula yang siang, sore, malam, atau bisa juga sepanjang hari) harus merasakan mual-mual dengan sebab tidak jelas. Bahkan ada wanita hamil yang akan merasa mual sampai muntah-muntah hanya karena mencium bau keringat sang suami. Ada pula yang muntah disebabkan aroma kuah bakso padahal sebelumnya bakso merupakan makanan favorit. Aneh bukan?

Nah, bagaimana agar proses kehamilan menjadi menyenangkan meski alami mual dan muntah? Berikut ada 7 cara atasi morning sickness yang aman dan efektif .

Pertama, segera makan ketika bangun tidur

Asam lambung yang bereaksi dan naik ke tenggorokan bisa memicu mual yang tidak diharapkan. Apalagi perut dalam kondisi kosong maka segera makan ketika bangun tidur. Perut bisa diisi dengan camilan seperti biskuit atau bisa juga makan makanan favorit. Ada baiknya juga jika sebelum tidur pun demikian agar perut tetap terisi.

Kedua, makan lebih sering dalam porsi kecil

Makan dalam porsi besar umumnya menimbulkan mual, maka segera siasati dengan mengubah pola makan. Kurangi porsinya tetapi dengan frekuensi makan lebih sering. Jika sebelumnya terbiasa makan 3 kali sehari, saat alami morning sickness usahakan makan 5-6 kali dengan porsi lebih sedikit.

Ketiga, perbanyak minum air putih

Hindari minuman berkafein karena beresiko meningkatkan asam lambung. Lebih baik memperbanyak air putih yang masuk ke tubuh. Selain agar tidak mual dan muntah, minum banyak air putih juga mengurangi resiko dehidrasi.

Keempat, konsumsi makanan sehat

Wanita hamil membutuhkan nutrisi lebih banyak dari sebelumnya. Konsumsi makanan tinggi protein dan karbohidrat. Sebisa mungkin hindari makanan berminyak maupun fast food.

Kelima, minum suplemen tambahan tepat sebelum tidur

Wanita hamil sangat membutuhkan suplemen tambahan seperti penambah darah, vitamin, serta obat penguat kandungan. Biasanya suplemen-suplemen ini dalam bentuk kapsul yang besar-besar sehingga sangat memicu mual saat meminumnya, maka hal ini bisa dihindari dengan meminum suplemen tepat sebelum tidur.

Keenam, hindari pemicu mual

Tak sedikit wanita hamil yang panca indranya menjadi semakin peka sehingga sangat mudah terpicu pada hal-hal yang awalnya tidak masalah baginya. Misalnya jika cepat merasa mual saat mencium bau kuah bakso, segera menghindar begitu tercium. Perut merasa mual begitu melihat makanan lembek, maka segera alihkan pandangan.

Terakhir yang tidak kalah penting adalah hindari stress

Selain fisik, kondisi psikis juga berpengaruh pada penanganan morning sickness. Tetap jaga hati dan pikiran agar senantiasa senang dan menikmati masa-masa kehamilan. Sesekali me time atau pergi cuci mata tidak ada salahnya demi menjaga perasaan agar terhindar dari stress.

Demikian 7 cara atasi morning sickness ala emakguru. Semoga selalu happy menjalani trimester pertama kehamilan serta lancar hingga proses persalinan.

7 Cara Atasi Morning Sickness Kehamilan Trimester Pertama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan?
Hubungi Kami