5 Tips Melahirkan Normal untuk Ibu Mata Minus

5 Tips Melahirkan Normal untuk Ibu Mata Minus – Hampir sebagian besar ibu ingin melahirkan anaknya secara normal. Namun bagi ibu dengan mata minus, hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri. Pasalnya, banyak yang beranggapan ibu hamil yang memakai kacamata rentan melahirkan normal karena dapat memicu komplikasi seperti robeknya retina hingga kebutaan.

Beberapa dokter kandungan juga lebih menyarankan ibu dengan mata minus untuk melahirkan di meja operasi karena tidak berani mengambil risiko. Keinginanan untuk bisa melahirkan secara normal bagi ibu dengan kondisi mata minus tinggi seperti saya memang cukup menimbulkan dilema. Ingin lahiran normal tapi takut.

Bagaimana jika setelah melahirkan saya justru tidak bisa menatap buah hati saya? Bagaimana jika saya mengalami kebutaan karena ngotot menjalani persalinan secara pervaginam? Dan satu lagi pertanyaan yang sempat memenuhi benak saya saat masih mengandung anak pertama, apakah benar ibu hamil dengan mata minus tidak bisa melahirkan normal?

Benarkah ibu dengan mata minus tidak bisa melahirkan normal?

Pertanyaan ini akhirnya terjawab setelah saya memutuskan untuk menempuh persalinan secara pervaginam. Yup, ibu hamil dengan mata minus bisa melahirkan normal. Alhamdulillah, dua kali melalui proses persalinan dengan kondisi mata minus, dua kali pula saya bisa merasakan nikmatnya melahirkan normal.

Hal yang sempat saya khawatirkan saat hamil anak pertama ternyata tidak terbukti. Saya bisa melahirkan normal dengan lancar, dan kondisi mata saya baik-baik saja setelahnya. Faktanya sampai saat ini memang belum ada pembuktian medis yang menunjukkan ibu dengan mata minus tidak bisa melahirkan normal.

Yang ada malah, bukan cuma saya, tapi di luar sana masih banyak kok ibu-ibu dengan kondisi mata minus seperti saya bahkan lebih parah yang tetap bisa melahirkan anaknya tanpa harus melalui operasi sesar.

Mengapa ibu dengan mata minus berisiko melahirkan normal?

Namun mungkin yang masih menjadi pertanyaan, kenapa melahirkan dengan kondisi mata minus dianggap berisiko? Sebenarnya anggapan ini agak keliru. Dari berbagai referensi yang saya baca, yang menimbulkan risiko kebutaan bagi ibu hamil yang ingin menjalani persalinan normal adalah kondisi retina mata tipis bukan minus.

Memang benar risiko terjadinya robekan pada retina lebih besar pada ibu dengan mata minus. Hal itu disebabkan karena penderita rabun jauh memiliki bola mata yang lebih panjang sehingga kemungkinan retinanya juga menjadi lebih tipis.

Nah, yang dikhawatirkan proses mengejan dalam persalinan normal dapat memicu terjadinya sobekan pada retina mata yang sudah menipis. Itulah sebabnya ibu hamil dengan mata minus dianggap berisiko melahirkan normal.

Kendati demikian, keputusan untuk melahirkan normal dengan kondisi mata minus itu kembali ke diri Moms masing-masing ya. Di sini saya cuma ingin sharing sedikit tips berdasarkan pengalaman saya pribadi yang sudah dua kali menjalani persalinan normal dengan kondisi mata minus tinggi.

Tips melahirkan normal dan lancar untuk ibu dengan mata minus

Berikut ini beberapa tips dari saya buat Moms yang ingin lahirannya lancar meski dengan kondisi mata yang dianggap berisiko;

Berpikir positif

Hal pertama yang harus Moms lakukan jika ingin melahirkan normal adalah tetap positif thinking. Buang jauh-jauh semua pikiran negatif yang hinggap di kepala Moms. Jangan takut! Moms harus yakin dan optimis, mata minus bukan penghalang moms untuk bisa bertemu dengan sang buah hati lewat persalinan normal.

Untuk lebih meyakinkan dan menghindarkan Moms dari pikiran-pikiran negatif, Moms bisa cari referensi atau baca pengalaman ibu-ibu lainnya yang berhasil melahirkan normal dengan kondisi mata minus.

Berdayakan diri

Tidak cukup dengan positif thinking. Moms juga harus berdayakan diri. Tujuan pemberdayaan diri ini untuk menciptakan kondisi yang memungkinkan Moms untuk lahiran normal.

Untuk bisa melahirkan normal, memang nggak mudah. Butuh persiapan yang matang. Apalagi proses ini juga sangat bergantung pada kondisi kandungan Moms.

Sekalipun Moms sudah berani memutuskan untuk melahirkan normal dengan kondisi mata minus tapi bisa saja persalinan itu berujung di meja operasi kalau kondisi kandungan Moms bermasalah, misal posisi janin sunsang, ketuban pecah dini atau terdapat banyak lilitan tali pusar.

So, penting sekali memberdayakan diri sejak dini. Belajar yang banyak, konsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, olahraga yang teratur, siapkan mental dan jangan lupa sering juga kasih affirmasi positif ke janin.

Minta dukungan

Moms ingin melahirkan normal tapi suami dan keluarga tidak mendukung karena kondisi mata Moms yang tidak memungkinkan. Nah, ini bisa jadi hambatan.

Termasuk ketika Moms salah dalam memilih dokter kandungan. Tidak semua dokter mau menanangani persalinan ibu dengan mata minus secara normal.

Pastikan Moms dapat support system. Ajak obrol suami dan orang tua dengan baik agar mereka bisa memahami keinginan Moms yang ingin melahirkan normal dengan kondisi mata minus. Sangat penting juga bagi Moms untuk memilih dokter kandungan yang pro normal.

Periksa kondisi mata

Jangan lupa untuk memeriksakan kondisi mata Moms di dokter spesialis mata. Biasanya dokter kandungan juga akan menyarankan Moms untuk mengecek kondisi kesehatan mata terlebih dahulu.

Pemeriksaan mata ini bisa dilakukan setelah masuk trimester kedua. Kalau ke dokter spesialis mata mintalah untuk dicek kondisi retinanya, apakah mengalami penipisan atau tidak.

Berdoa dan Tawakal

Proses persalinan yang akan Moms hadapi nantinya tidak terlepas dari campur tangan Tuhan. Oleh sebab itu tips berikutnya yang tidak kalah penting adalah senantiasa memanjatkan doa agar persalinan Moms bisa berjalan lancar.

Selain berdoa, Moms juga perlu menyerahkan keputusan yang terbaik pada Tuhan. Apapun hasilnya yang penting Moms sudah ikhtiar semaksimal mungkin. Setidaknya dengan bertawakal, Moms tidak akan terlalu kecewa jika keinginan untuk melahirkan normal tidak terwujud.

Itulah beberapa tips melahirkan normal untuk ibu mata minus yang bisa diterapkan. Selagi kondisi kandungan Moms baik-baik saja, melahirkan dengan mata minus bukanlah hal yang mustahil. Saya sudah membuktikannya.

Semoga informasi ini bermanfaat.

5 Tips Melahirkan Normal untuk Ibu Mata Minus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan?
Hubungi Kami