5 Penyebab Gusi Berdarah Saat Sikat Gigi

Penyebab gusi berdarah

5 Penyebab Gusi Berdarah Saat Sikat Gigi– Gusi merupakan salah satu hal yang penting bagi kesehatan mulut. Pasalnya, jika kesehatan gusi dapat terjaga, maka tentu memengaruhi kesemua. Jika gusi sering berdarah, maka ada sesuatu hal tidak beres dalam mulut.

Banyak faktor penyebab gusi sering berdarah apa saja? Simak uraian penyebab gusi berdarah berikut.

1. Kekurangan Vitamin C dan K

Penyebab gusi berdarah dikarenakan kekurangan asupan gizi yang mengandung vitamin C dan K. Maka dari itu perlu diperhatikan asupan makanan yang mengandung vitamin C dan K. Dapat ditemukan di sayur-sayuran dan buah-buahan. Pastikan kebutuhan gizinya terpenuhi ya.

2. Tidak bersih saat menyikat gigi

Kebayang kalau tidak bersih saat menyikat gigi? Ya dalam 24 jam kuman dan bakteri dalam mulut akan beraksi dalam menyerang gigi dan gusi. Tentu tidak lain dari kurang bersih dalam menyikat gigi. Saat menggosok gigi, cobalah melakukan flossing (menyikat ke sela-sela gigi) meskipun di jangkau tapi coba dengan telaten karena sisa makanan yang masih menempel itu akan menjadikan flak dan pasti kan menyebabkan gusi berdarah.

3. Penyakit serius

Bukan hanya kekurangan vitamin C saja, tapi penyebab gusi berdarah juga diakibatkan faktor internal tidak lain penyakit serius seperti leukimia. Leukimia lebih dikenal sebagai kanker darah dimana produksi sel darah putih lebih banyak dibandingkan sel darah merah. Orang yang mengalami leukima sangat rentan gusi berdarah dikarenakan tanda tubuh mengalami penyakit leukimia . Selain menyebabkan gusi berdarah, leukimia menyebabkan mimisan serta tanda pendarahan lainnya.

4. Hormon tidak seimbang

Jika membicarakan tentang hormon, maka pikiran akn menuju pada masa pubertas, ibu hamil, dan menopause yang menyebabkan hormonnya naik turun. Hal ini terjadi karena berdasarkan faktor internal dalam tubuh. Maka, hormon tidak stabil menyebabkan gusi berdarah.

5. Periodontitis

Periodontitis adalah sebuah penyakit radang gusi atau penyakit gusi yang dapat menyebabkan rusaknya jaringan lunak di area gusi dan dapat menghancurkan tulang dan gigi. Penyakit ini sangat serius jika tidak diobati maka salah satu tandanya gusi sering berdarah.

Bagaimana nih moms dari penyebab gusi sering berdarah yang paling ngeri yang mana? Maka dari itu, perlu kita menjaga serta menerapkan cara hidup sehat serta cara mengatasi gizi buruk agar terhindar dari gusi berdarah. Semangat.

5 Penyebab Gusi Berdarah Saat Sikat Gigi
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Open chat
Butuh Informasi ?