5 cara meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi covid-19

5 cara meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi covid-19. Merupakan langkah taktis yang bisa saya contek agar bisa melindungi diri dan keluarga. Arahan dari pemerintah untuk menjalankan protokol kesehatan dengan baik selama masa pandemi covid-19 sudah pasti bertujuan untuk melindungi kita semua, termasuk saya.

Menggenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dapat ditambah dengan menjaga imunitas tubuh.

Imunitas tubuh

Imunitas tubuh merupakan sistem pertahanan tubuh untuk melindungi diri dari pengaruh biologis luar. Sistem imunitas ini dapat diibaratkan sebagai tameng atau baju pelindung besi yang dikenakan para ksatria masa lalu.Meski terlihat kuat dan kokoh, tameng pelindung perlu dipelihara agar tidak rusak. Tujuannya agar tidak ada serangan yang mengenai tubuh pemakainya.

5 cara meningkatkan imunitas tubuh

Serupa dengan baju pelindung, saya pun berusaha menjaganya dengan menerapkan 5 cara meningkatkan imunitas tubuh. Apa saja dan bagaimana menerapkannya? Mari kita simak ulasan berikut ini:

1.Pola makan

Menjaga asupan makanan menjadi kunci utama untuk menjaga kebugaran tubuh. Kekurangan asupan bisa membuat tubuh lemas dan mudah terserang penyakit. Tetapi menjaga asupan makanan tidak berarti mengonsumsi makanan secara berlebihan ya. Memang perut menjadi kenyang tapi belum tentu kebutuhan gizi sudah terpenuhi. Sebaiknya pastikan makanan yang dikonsumsi mengandung serat, rendah gula, garam, dan lemak jahat.

Makanan pun harus bersih, dimasak dengan baik dan matang, serta aman dalam arti tidak mengandung zat berbahaya bagi tubuh.  Disamping makanan, jangan lupa untuk mengonsumsi air dalam jumlah cukup. Kalau perlu pasang pengingat agar tak lupa minum. Tidak ada salahnya menambahkan probiotik dan prebiotik yang baik untuk tubuh. Bakteri baik ini sangat berguna untuk tubuh. Contohnya yogurt, tapai, tempe, keju, dan dadih

2. Olahraga

Sebenarnya banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan. Bersepeda adalah salah satu olahraga yang kini tengah naik daun. Dimana-mana saya melihat rombongan pesepeda melintas di jalan-jalan. Ada yang bersama keluarga atau teman.

Saya sendiri lebih menyukai jalan kaki. Tentunya rute yang ditempuh disesuaikan dengan kemampuan. Ingat olahraga yang berlebihan pun tidak baik untuk tubuh. Jika tidak memungkinkan berolahraga di luar rumah, bisa kok menggunakan sepeda statis atau memanfaatkan alat gym yang dimiliki atau mengikuti senam secara online.

3. Cukup tidur

Nah, bagian ini agak sulit bagi saya yang tidak bisa tidur dalam keadaan berisik. Saya suka iri melihat orang tertidur nyenyak di angkutan umum.  Manusia membutuhkan waktu tidur antara 7-9 jam dalam sehari. Kekurangan waktu tidur bisa mengakibatkan tubuh tidak mampu memproduksi sitokin dalam jumlah cukup.

Padahal enzim ini berguna untuk melawan infeksi dan secara efektif membangun sistem imun tubuh. Meski tidur diperlukan untuk menjaga imunitas tubuh tapi jangan dilakukan secara berlebihan ya.

4. Kelola stress

Apakah mungkin hidup tanpa stres? Rasanya tidak mungkin ya. Selama masih hidup, selalu ada masalah yang bisa membuat stres. Untuk meminimalkan dampaknya, cobalah untuk mencari sumber pencetusnya. Telaah dengan baik setiap celah agar pokok masalah bisa diketahui.

Setelah itu cari jalan keluarnya. Bisa dengan mengajak diskusi, jika sumber utamanya dengan seseorang.  Andaikan masalah masih belum teratasi, jangan ragu untuk mencari bantuan seperti menemui psikiater.  Terapkan saran yang didapat alias mengeksekusi agar masalah bisa terselesaikan. Jangan berhenti berusaha. Terus berusaha sebab membiarkan stres sama artinya dengan mengganggu fisik kita.

5. Hindari rokok

Wow, rokok ternyata bisa mengakibatkan stres. Ternyata asap rokok, baik dari rokok biasa atau rokok elektrik bisa menurunkan imunitas tubuh. Zat nikotin bisa meningkatkan jumlah hormon stres atau kadar kortisol. Akibatnya pembentukan respon antigen sel T dan antibodi sel B berkurang. Kondisi ini tidak hanya dialami oleh perokok aktif, tapi juga para perokok pasif yang berada didekatnya. Oleh karena itu kurangi dan berhentilah merokok agar kesehatan tubuh dan lingkungan terjaga.

5 cara meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan?
Hubungi Kami