4 Tips Traveling Bersama Keluarga

Traveling bersama keluarga sangatlah menyenangkan. Bisa juga berubah jadi menyebalkan, sebenarnya, apalagi kalau ada rencana-rencana yang gagal dilakukan. Tetapi, hal-hal yang tidak menyenangkan itu bisa diantisipasi.

Kali ini saya mau berbagi mengenai tips jalan-jalan bersama keluarga. Ini bisa diterapkan pada semua keluarga yang masih memiliki anak kecil, ataupun yang telah memiliki anak remaja.

1. Menentukan destinasi traveling bersama keluarga

Biasanya, dari jauh-jauh hari, orang tua telah berencana akan mengajak anak-anaknya berlibur pada musim liburan mendatang. Destinasinya bisa berdasarkan keinginan orang tua sendiri, atau keinginan anak-anak Misalnya merencanakan ke 3 tempat wisata di jogja

Sebaiknya, sebelum membeli tiket atau pesan akomodasi dan segala macamnya, rencana ini dibicarakan kepada seluruh anggota keluarga. Alasannya, supaya semua bisa bersiap. Termasuk orang tua agar bisa menyelesaikan segala urusan pekerjaannya.

2. Kesepakatan anggota keluarga

Setelah tujuan traveling bersama keluarga disepakati, orang tua dapat membuat perjanjian dengan anak-anak, misalnya mengenai apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama di perjalanan. Seluruh anggota keluarga tentunya sudah mengetahui tempat-tempat yang akan dikunjungi, berapa lama di sana, jadwal keberangkatan, atau jadwal pertunjukan yang bakal ditonton.

Harapannya, agar semua senang dan apa-apa yang telah direncanakan dapat dicapai. Kan sayang, sudah pesan tiket pertunjukan sirkus internasional, contohnya, batal nonton cuma gara-gara anak-anak bangunnya kesiangan. Oleh karena itu, sebelum pergi anak-anak ditanya apa saja kemauan mereka ketika tiba di destinasi.

Dengan bertanya begini, merek jadi tahu apa yang harus dilakukan. Seandainya ada yang tidak disukai, tapi saudaranya ingin ke sana, maka kesepakatan yang harus dibuat. Selain itu, semua anggota keluarga juga harus memiliki peran. Misalnya, siapa yang bertugas membangunkan, mengingatkan, atau mengecek jadwal. Hal ini akan melatih anak-anak bertoleransi, bekerja sama, menepati janji, serta disiplin ketika jauh dari luar rumah.

3. Packing

Urusan traveling bersama keluarga ini, bawaan biasanya menjadi urusan sendiri. Maunya ringkas, tapi keperluannya banyak. Alhasil, sebelum pergi, sudah repot memilih bawaan. Apalagi kalau masih punya anak kecil, bisa dipastikan kebutuhannya lebih banyak dari orang dewasa apalagi jika melakukan perjalanan di 3 Pantai Favorite Di Balikpapan

Untuk anak-anak yang sudah cukup besar, nggak ada salahnya mereka membawa barangnya sendiri. Biarkan mereka bertanggungjawab dengan isi tasnya. Tapi harus tetap dikasih saran supaya membawa yang dibutuhkan saja. Untuk pakaian, kalau bisa yang bisa dipadupadankan, biar nggak makan tempat. Apalagi kalau di sananya mau belanja sesuatu.

Sedangkan untuk anak yang masih kecil, biasanya bawaannya masih dipilih sama orang tua. Orang tua juga harus pintar-pintar nih, supaya isi tas nggak penuh sama bawaan anak-anak saja. Selain itu, kalau memang memungkinkan, biarkan mereka menggendong tas kecil sendiri. Isinya keperluan yang sering mereka cari, misalnya cemilan atau boneka kecil.

4. Bekal traveling bersama keluarga

Poin ini juga sering menjadi bahasan khusus. Apalagi kalau ada anggota keluarga yang memiliki pantangan tertentu.

Sudah pasti, makanan atau obat-obatan merupakan bekal vital yang harus dibawa ketika bepergian jarak jauh. Banyak orang tua asal Indonesia, yang setiap bepergian keluar negeri, membawa penanak nasi listrik berukuran kecil. Kalaupun tidak sampai begitu, pasti ada bekal masakan Indonesia yang dibawa, misalnya abon, rendang, atau sambal kentang kering. Kalau tidak merepotkan, ya sah-sah saja.

Kalau malas bawa begituan, sebaiknya semua harus sepakat kalau tidak ada yang bakal rewel soal makanan selama liburan. Lagian, namanya liburan, saatnya anggota keluarga merasakan pengalaman yang berbeda dari keseharian. Seru malah apalagi jika berkunjung ke Tempat Wisata Gratis di Jepara

Sepertinya cuma 4 poin di atas tips traveling bersama keluarga yang bisa dibagi. Seandainya ada teman-teman yang punya pengalaman berbeda, yuk kita ngobrol di kolom komentar!

Penulis : Relinda Puspita

4 Tips Traveling Bersama Keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan?
Hubungi Kami